Home » Anggaran » PEMANTAUAN PARTISIPATIF KIS PBI OLEH TIM PEMANTAU KOMUNITAS Desa Kesamben Kulon Kecamatan Wringinanom Kebupaten Gresik

PEMANTAUAN PARTISIPATIF KIS PBI OLEH TIM PEMANTAU KOMUNITAS Desa Kesamben Kulon Kecamatan Wringinanom Kebupaten Gresik

Berlangsung 2 hari, 20 – 21 Desember 2017, di Balai Dusun Wetan Desa Kesamben Kulon, Tim Pemantau Komunitas (TPKom)  desa Kesamben Kulon yang beranggotakan leader-leader Sekolah Perempuan dari kalangan perempuan miskin yang sudah mendapatkan kapasitas untuk melakukan pemantauan  partisipatif yang berperspektif adil gender ( pelatihan tentang kepemimpinan Perempuan (Gender)  dan program perlindungan sosial ) serta dikukuhkan dengan SK dari Bupati   telah melakukan diskusi terfokus (FGD) untuk memantau Kartu Indonesia Sehat Penerima Bantuan Iuran (KIS PBI) dalam 4 aspek yaitu aspek Sosialisasi, Aspek Pelayanan, Aspek Kepesertaan dan Aspek Pelayanan Kesehatan Reproduksi.

FDG ini telah melibatkan 75 informan terdiri dari 15 orang laki-laki dan 60 orang perempuan penerima kartu KIS PBI dengan kriteria tertentu yang telah ditetapkan untuk masing-masing aspek pemantauan.

FDG ini merupakan kelanjutan dari metode  survey yang telah dilakukan pada akhir September sampai Oktober 2017 dimana 200 informan telah diwawancarai oleh Tim Pemantau Komunitas. FGD ini dimaksudkan untuk memperdalam hasil sementara yang telah didapatkan dari pemantauan KIS PBI dengan metode survey.

Tujuan Pemantauan partisipatif ini adalah untuk mengetahui pelayanan JKN PBI yang meliputi pendataan, sosialisasi, kepesertaan, pelayanan, pengaduan dan  untuk memperbaiki pelayanan JKN PBI

Saat ini hasil FGD pemantauan KIS PBI 4 aspek sedang diproses hasilnya dan akan dipublikasikan setelah melalui beberapa tahapan berikutnya. (rum).

Baca Juga

Flasmob Tari Remo oleh 500 perempuan di Gresik

Flasmob,dengan menarikan Remo bersama 500 perempuan dari berbagai kalangan masyarakat desa sampai istri pejabat dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.