Home » Anggaran » Workshop Penguatan Forum Multipihak Kabupaten untuk Mendukung “Pemantauan Bersama” terhadap Program Perlindungan Sosial dengan Perspektif Keadilan Gender dan Inklusif

Workshop Penguatan Forum Multipihak Kabupaten untuk Mendukung “Pemantauan Bersama” terhadap Program Perlindungan Sosial dengan Perspektif Keadilan Gender dan Inklusif

Workshop Penguatan Forum Multipihak Kabupaten untuk Mendukung “Pemantauan Bersama” terhadap Program Perlindungan Sosial dengan Perspektif Keadilan Gender dan Inklusif Program-program perlindungan sosial penting diketahui oleh masyarakat luas agar dapat diakses dengan mudah dan tepat sasaran. Seperti kita simak atau baca bersama di media massa, masih terdapat ketidaktahuan masyarakat terhadap program-program tersebut dan berdampak pada program-program tersebut tidak sesuai dengan harapan, dan masyarakat tidak dapat memanfaatkan program-program tersebut.

Selain akses, penting juga untuk memastikan apakah program-program perlindungan sosial tersebut dapat menyejahterakan masyarakat. Oleh karena itu, salah satu cara untuk melihat apakah program perlindungan sosial tersebut bisa mensejahterakan masyarakat adalah dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi. Agar monitoring dan evaluasi ini bisa bermanfaat maka partisipasi dari berbagai pihak sangat diperlukan.

Salah satu model pemantauan yang dapat dikembangkan adalah “Pemantauan Bersama” melalui Gerakan Gender Watch (Gender Watch Movement) yang melibatkan pemantau dari kalangan penerima manfaat, masyarakat umum, dan pemerintah. Dengan model seperti ini maka terdapat alternatif data yang selanjutnya dapat dijadikan pembanding dengan data yang resmi yang selama ini dilakukan oleh pemerintah sendiri.

Untuk memperkuat proses gerakan “Pemantauan Bersama”, maka kps2k dalam program gender watch telah melakukan sosialiasi kepada publik dalam bentuk seminar dan penguatan Forum Multi Pihak Kabupaten dalam bentuk workshop. Forum Multi Pihak ini berfungsi dalam mensupport pemutaakhiran data kemiskinan terutama kemiskinan yang berwajah perempuan (feminisasi kemiskinan), agar implementasi program perlindungan sosial menjadi tepat sasaran.

Kegiatan workshop ini telah dilakukan dalam 2 jenis acara yaitu seminar dan workshop. Adapun tema seminar adalah: “Program Perlindungan Sosial dan Gerakan Pemantauan Bersama yang Berperspektif Keadilan Gender dan Inklusif”. Materi-materi workshop meliputi: hak atas perlindungan sosial, implementasi dan masalah-masalah perlindungan sosial, perspektif keadilan gender dan inklusif, advokasi berbasis data melalui gerakan Gender Watch, rencana kegiatan Forum Multi Pihak dan pengelolaannya.

Hasil kegiatan menunjukkan: 1. Adanya kesadaran peserta terhadap hak atas perlindungan sosial; bahwa perlindungan sosial bukanlah bantuan tetapi hak setiap warga negara; 2. Adanya pemahaman tentang pentingnya melakukan “pemantauan bersama” dengan menggunakan perspektif keadilan gender dan inklusif terhadap program perlindungan sosial; 3. Adanya pemahaman tentang advokasi berbasis data melalui gerakan Gender Watch; 4. Adanya rencana kerja dan pembagian tugas yang dapat menjadi acuan kegiatan dalam mengimplementasikan Gender Watch dari periode Januari – Juni 2015; 5. Adanya dukungan Multipihak melalui pengakuan terhadap wadah “pemantauan bersama” dalam bentuk deklarasi Forum MultiPihak yang akan mendukung Tim Pemantau dalam melakukan pemantauan dari tingkat desa sampai kabupaten; 6. Tersosialisasikannya gerakan “pemantauan bersama” melalui program Gender Watch di kalangan masyarakat di Jawa Timur.(fm)

Baca Juga

Peresmian Rumah Pengetahuan Perempuan, sebagai pusat informasi bagi perempuan desa

Rumah Pengetahuan Perempuan (RPP) adalah bangunan di desa yang diinisiasi oleh Sekolah Perempuan sebagai pusat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.