Home » Anggaran » Rembug Desa

Rembug Desa

Bertempat di Balai Desa Sooko Kecamatan Wringinganom Kabupaten Gresik, Kamis, 24 November 2016 telah dilaksanakan Rembug Desa “Mendorong Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Desa melalui Partisipasi Perempuan dan Kelompok Marginal” antara masyarakat dan pemerintah desa (Desa Sumbergede, Desa Kesamben Kulon, Desa Mondoluku dan Desa Sooko)  dan  BAPPEDA Kabupaten Gresik yang diwakili saudara Rian Permana Suwanda (Staf Bidang Kemasyaraktan dan Sosial Budaya)sebagai narasumber. Peserta yang hadir terdiri dari Tim Pemantau Komunitas, Sekolah Perempuan dan Tim pemantau Kabupaten Gresik yaitu Ibu Diana Indriati (Universitas Muhammadiyah) dan Bapak A. Chilmi Fahrudin (PAL Gresik) .

Sekolah perempuan diwakili beberapa anggotanya menyampaikan pertanyaan, misalnya, apa dampak bagi desa jika tidak melibatkan perempuan dalam musyawarah-musyawarah pembangunan desa dan menyatakan ucapan terimakasih kepada pemerintah desa karena sejak ada Sekolah Perempuan perempuan miskin  telah dilibatkan dalam Musrenbang desa sampai Kecamatan dan Kabupaten. Mereka juga  mendorong agar jumlah perempuan miskin yang dilibatkan ditambah jumlahnya dan menindaklanjuti usulan-usulan perempuan untuk kegiatan pemberdayaan buka hanya berfokus pada bidang fisik seperti biasa dilakukan selama ini.

Bapak Rian menyampaikan dasar-dasar hukum partisipasi perempuan dan kelompok marginal dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan serta tahapan musrenbang desa sampai dengan kabupaten.

Pada kesempatan ini Kepala Desa Sooko dan Mondoluku menyepakati untuk menyusun anggaran perencanaan pembangunan desa yang responsif gender sebagai program inovasi desa. (rum).

Baca Juga

Selamat Natal & Tahun Baru Serta Pengumuman Libur

Kepada Yth. Rekan dan Mitra Kerja Dalam rangka menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.