Home » Anggaran » Pelatihan Fasilitator Komunitas Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perempuan & Perlindungan Sosial Tahap 1 Wilayah Replikasi Sekolah Perempuan Kabupaten Gresik

Pelatihan Fasilitator Komunitas Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perempuan & Perlindungan Sosial Tahap 1 Wilayah Replikasi Sekolah Perempuan Kabupaten Gresik

Pelatihan fasilitator komunitas ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian program Replikasi Sekolah Perempuan yang menjadi capaian Gerakan Gender Watch di Kabupaten Gresik. Program replikasi Sekolah Perempuan ini telah disahkan dalam RPJMD Kabupaten Gresik tahun 2016-2021 sebagai program yang mendukung peningkatan kualitas hidup perempuan miskin.  Juga sebagai bentuk perwujudan komitmen pemerintah daerah dalam mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender di dalam program-program pembangunan.

Program replikasi ini merupakan komitmen Pemerintah Gresik setelah ada kerja sama dengan KPS2K sejak tahun 2014 dalam pengembangan Sekolah Perempuan di 4 desa yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, memperkuat partisipasi dan kepemimpinan perempuan desa.  Hasil yang telah dicapai dalam proses ini adalah perempuan miskin di desa sudah meningkat kapasitasnya dalam melakukan pendataan dan pemantauan program-program di desanya, mengenali kebutuhan perempuan dan warga miskin di desanya dan mampu menyuarakannya di dalam forum-forum pengambilan keputusan di desanya, seperti Musrenbang.

Saat ini ada 10 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Gresik termasuk Pulau Bawean yang sedang mengembangkan replikasi Sekolah Perempuan dengan anggota kurang lebih 300 perempuan  miskin.

Dalam penguatan kapasitas, partisipasi dan kepemimpinan perempuan dalam Sekolah Perempuan diperlukan fasilitator-fasilitator komunitas yang akan melakukan pendidikan dan pengorganisasian. Oleh karenanya diperlukan perekrutan dan pelatihan untuk para fasilitator lapangan.

Pelatihan untuk fasilitator bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang masalah-masalah perempuan dan masalah yang terjadi di desa terkait situasi kemiskinan, budaya, program-program pembangunan dan perlindungan sosial, situasi sosial budaya dan pemahaman tentang cara dan proses melakukan pendidikan dan pengorganisasian.

Pelatihan ini diikuti 24 perempuan dari kecamatan Balongpanggang,  Cerme, Bungah, Gresik, Tambak-Bawean, terlaksana selama  2 hari , 26 – 27 Juli 2017, bertempat di Aula Dinas KB,PP dan PA, diselenggarakan oleh Dinas KB,PP dan PA Kabupaten Gresik bekerjasama dengan Institut KAPAL Perempuan Jakarta dan KPS2K Jawa Timur.(rum).

Baca Juga

Musrenbang Perempuan Tingkat Desa 2019 Kabupaten Gresik “Sekolah Perempuan Gresik Pelopor Musrenbang Perempuan di Tingkat Desa”

Partisipasi perempuan memiliki peranan dan kedudukan yang sangat penting dalam pembangunan. Terutama perannya dalam mengawal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.