Home » Anak » Upacara Bendera HUT RI Ke 72 & Cosplay Sekolah Perempuan

Upacara Bendera HUT RI Ke 72 & Cosplay Sekolah Perempuan

Upacara dengan mengenakan kostum adat dan pahlawan nasional dilakukan dilapangan Kesamben Kulon. Dimulai pada pukul 07.00 pagi dan diikuti oleh 150 orang yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa. Acara ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh sekolah perempuan untuk menghormati jasa-jasa para Pahlawan dan memperkuat jiwa nasionalisme sebagai warga negara Indonesia.

Tujuan dari Upacara tahun ini yaitu memupuk rasa nasionalisme, keberagaman dan persatuan untuk menebarkan perdamaian sejak dini terutama pada generasi muda dan anak-anak. Menjadi berbeda dalam kegiatan ini karena ibu-ibu sekolah perempuan juga mengajak anak-anak mereka untuk terlibat dengan mengenakan kostum yang menunjukkan kebhinekatunggalikaan.

Dalam Upacara ini juga dibacakan Ikrar Perempuan yang disampaikan oleh ibu Sunarti (50 tahun) dari desa Mondoluku. Dalam ikrar ini selain menunjukkan komitmen perempuan untuk turut serta berpartisipasi dalam pembangunan juga memperkuat nilai-nilai kemanusiaan untuk menghapuskan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Iva Hasanah selaku penanggungjawab kegiatan mengatakan bahwa penting sekali upacara ini dijadikan agenda rutin tahunan di tingkat desa, sehingga dapat melibatkan masyarakat luas untuk lebih memperkuat nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme dari tingkat bawah bahkan untuk generasi muda. Kegiatan ini juga mampu menjadi wadah alternatif bagi masyarakat luas yang selama ini ingin berpartisipasi dalam peringatan HUT RI tapi belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti upacara, karena upacara HUT RI biasanya hanya dilakukan di instansi-instansi, kecamatan dan sekolah-sekolah saja. (va).

Baca Juga

Penganugerahan Champion daerah

Penganugerahan Champion daerah untuk pencegahan perkawinan anakkategori Organisasi Masyarakatkepada Kelompok Perempuan dan Sumber-sumber Kehidupan (KPS2K) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.