Home » Kelompok Marjinal » Asistensi Lapangan dalam Penjaringan CTPD

Asistensi Lapangan dalam Penjaringan CTPD

Gresik – Pada 13 Januari 2014 Tim Gender Watch KPS2K turun lapangan dalam rangka melakukan asistensi kepada staf lapangan (CO) untuk melakukan wawancara mendalam dan observasi partisipatif dalam penentuan Calon Tim Pemantau Desa (CPTD). Turun lapangan ini juga bermaksud melengkapi data-data sekunder berupa dokumen-dokumen desa. Dari hasil observasi, wawancara dan observasi, ditemukan implementasi program perlindungan sosial yang tidak tepat sasaran. Misalnya, Ibu Tukaini, warga miskin klaster 1 di Desa Mondoluku tidak mendapatkan bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH).

Selain mendapatkan tambahan temuan, Tim GW KPS2K juga berhasil mendapatkan peta desa Mondoluku dan Kesamben Kulon versi BPS. Peta tersebut difungsikan untuk memahami medan lokasi GW di 2 desa, disamping dipakai untuk melengkapi profil desa.

Persiapan sosial dengan menggunakan metode partisipatif dilakukan dengan beberapa metode yakni wawancara mendalam dengan perempuan miskin dan marginal, observasi dengan menyusun kalender harian yang mengidentifikasi aktifitas harian laki-laki dan perempuan, diskusi terfokus tentang masalah-masalah mengapa perempuan miskin tidak pernah terlibat dalam forum desa dan live in agar dapat memperkuat pengorganisasian di komunitas perempuan desa.

(Moh. Fahmi – KPS2K)

About kps2k jatim

Baca Juga

Pembelajaran Sekolah Perempuan Desa Brangkal Tahap 1

Sekolah Perempuan Desa Brangkal Kecamatan Balongpanggang merupakan Sekolah Perempuan ke 15 di Kabupaten Gresik. Untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.